Rabu, 09 Februari 2011

Cerita Rakyat Keong Mas


Candra kirana adalah putrid kerajaan yang cantik jelita. Suatu hari, seorang pangeran dari kerajaan lain bernama Raden Inu datang dengan maksud ingin melamarnya. Saudara perempuan dari Candra Kirana, Galuh Ajeng merasa iri. Ia pun mengutuk Candra Kirana hingga menjadi Keong Mas, lalu Galuh Ajeng membuang Candra Kirana yang sudah menjadi Keong Mas itu ke sungai.
Keong Mas kemudian ditemukan oleh seorang nenek. Sang nenek lalu membawa Keong Mas tersebut pulang dan menaruhnya di tempayan. Keesokan harinya, saat nenek itu sampai dirumah setelah pulang dari bekerja, betapa terkejutnya sang neneksaat mendapati Keong Mas telah berubah wujud menjadi gadis cantik yang sedang memasakkan makanan untuk nenek tersebut.
Sementara itu ditempat lainnya, Raden Inu terus mencari Candra Kirana. Setelah berjlan berhari-hari, sampailah Raden Inu disebuah desa. Saat menghampiri sebuah gubuk, ia sangat terkejut melihat Candra Kirana yang sedang memasak. Akhirnya sihir dari Galuh Ajeng itu pun hilang karena perjumpaan tersebut. Mereka berdua akhirnya menikah dan hidup bahagia untuk selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar