Sabtu, 27 November 2010

CARA MEMBUAT SARI KELAPA (NATA DE COCO)

SARI KELAPA (NATA DE COCO)
    Pembuatan nata de coco dapat menjadi salah satu usaha industri rumah tangga yang menguntungkan, asalkan ditunjang dengan perencanaan yang baik dan pemasaran yang lancar. Berikut ini diuraikan cara pembuatan nata de coco yang baik dan benar  :
1. Sepuluh liter air kelapa disaring menggunakan kain saring, kemudian air kelapa tersebut ditampung dalam panci yang bersih.
2. Masukkan kedalam air kelapa lima sendok makan gula pasir, satu sendok makan yeast (Ragi Roti), satu sendok makan amonium sulfat (ZA), seperempat sendok teh garam Inggris, sepuluh sendok makan asam cuka glasial atau 40 sendok asam cuka yang biasa dikonsumsi. Aduk campuran ini sampai semua bahan larut.
3. Didihkan campuran air kelapa tersebut selama + 15 menit.
4. Tuangkan air kelapa yang masih panas kedalam beberapa baki plastik yang bersih.Setiap baki dapat diisi 1,5 liter air kelapa. Kemudian, baki-baki tersebut ditutup dengan kertas koran.
5. Dinginkan baki tersebut selam + 5 jam dalam ruang penyimpanan yang bersih,kering dan tidak sering dimasuki orang.
6. Tambahkan bibit nata (Acetobacter xylinum) kedalam baki tersebut dengan hati-hati. Tiap-tiap botol bibit nata dapat digunakan untuk lima baki.
7. Susunlah masing-masing baki pada rak didalam ruangan khusus selam kurang lebih 8 hari. Usahakan tutupnya tidak terbuka dan bergoyang karena dapat merusak lapisan nata yang terbentuk.
8. Setelah di tiap-tiap baki terbentuk lapisan nata,ambilah lapisan tersebut secara hati-hati dengan cara ditarik perlahan-lahan.
9. Cucilah lapisan nata dengan air yang bersih dan potong-potonglah dengan pisau hingga berbentuk kubus kecil-kecil.
10. Rendamlah potongan nata tersebut dengan air bersih selam 3 hari.
11. Cucilah hasil rendaman nata dengan cara diremas-remas.
12. Rebuslah potongan-potongan nata selama kurang lebih 30 menit didalam panci stainless steel agar rasa asam nata hilang. Selanjutnya,tiriskan di atas ayakan agar airnya keluar.
13. Rebuslah kembali dalam air gula selama 30 menit,dengan aturan setiap 1 kg potongan nata didalam 1 liter air ditambah setengah kilogram gula pasir.
14. Tambahkan setengah liter air dan seperempat kilogram gula pasir pada potongan-potongan nata tersebut dan rebus lagi selama 15 menit.
15. Masukkan potongan nata yang masih panas dan air rebusannya ke dalam kantong plastik dengan ukuran seperempat kilogram potongan nata ditambah seperempat air rebusan. Ikatlah bungkusan plastik tersebut dengan rapat dan aman.

2 komentar:

  1. Terima kasih kerna berkongsi sama pengetahuan nya.

    BalasHapus
  2. Terima kasih kerna berkongsi sama pengetahuan nya.

    BalasHapus