Selasa, 04 Januari 2011

Cerita rakyat Si Pitung


SI PITUNG
    Pitung adalah seorang pendekar asli dari daerah Jakarta (Betawi) yang hidup di masa penjajahan Negara Belanda. Sejak kecil orang tua si pitung telah menitipkan Si Pitung untuk belajar mengaji dan berlatih silat (bela diri) kepada Haji Naipin.
    Saat dewasa, Si Pitung merasa iba menyaksikan penderitaan yang di alami oleh rakyat kecil yang harus membayar pajak yang tinggi kepada Kompeni (Sebutan untuk penjajah Belanda),sekelompok Tauke dan para tuan tanah.
    Akhirnya Si Pitung beserta dua temannya Rais dan Ji’I bekerja sama untuk mengambil barang-barang yang menjadi hak para rakyat keci. Gerakan Pitung yang semakin menjadi-jadi,membuat pihak Kompeni berusaha untuk menangkap Si Pitung. Namun serangan tersebut selalu gagal karena Si Pitung dapat meloloskan diri berkat kerja sama yang baik dengan kedua temannya.
    Kompeni pun tidak kehilangan akal. Mereka menangkap guru Silat Si Pitung yaitu Haji Naipin,lalu menyiksanya. Akhirnya Haji Naipin menyerah dan member tahu letak persembunyian Si Pitung dan kawan-kawannya. Si Pitung dan kawan-kawannya akhirnya gugur sebagai pahlawan dalam pahlawan dalam perlawanan saat Kompeni menyerang dan menyergapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar